Contoh Surat Lamaran Kerja | pernyataan | Contoh CV | Curriculum VItae resmi | permohonan | resign | perjanjian | pribadi | undangan | Surat Cinta | Dalam Bahasa Indonesia Inggris Yang Baik dan Benar

Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum - Surat Lamaran Kerja bagi sebagian orang ada yang menganggapnya seperti senjata, senjata bagi para pencari kerja karena fungsinya yaitu sebagai alat untuk mendapatkan suatu pekerjaan.


Tidak melebih-lebihkan namun memang demikian, ketika melamar suatu lowongan pekerjaan maka Surat lamaran Kerja menjadi bagian terdepan, dan biasanya selalu disandingkan dengan riwayat hidup (CV).

Untuk dapat melewati proses seleksi kerja ke tahap interview atau wawancara Surat Lamaran Kerja lah yang menentukan. Maka tidak jarang para pencari kerja harus gagal pada tahap seleksi awal ini dikarenakan surat yang dibuat tidak menarik pihak HRD perusahaan. Mengapa demikian? karena terkadang surat yang dibuat tidak memberikan kesan yang baik, kurang rapih, kurang menarik, tidak jelas, atau bahkan tidak sopan. Hal itulah yang menjadi faktor mengapa seseorang tidak lolos ke tahap interview atau wawancara.

Membuat Surat Lamaran Kerja memang tidaklah sulit namun kita membutuhkan waktu untuk dapat merangkai kata demi kata, serta menentukan maksud dan tujuan surat secara jelas sehingga menarik pihak HRD. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara serta apa saja yang dilakukan dalam membuat Surat Lamaran Kerja yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

Susunlah Surat dengan Sistematika Yang Benar

Surat Lamaran Kerja telah memiliki sistematika yang baku, maka Anda perlu mengetahui seperti apa sistematika tersebut.
- Tempat dan tanggal pembuatan surat
- Nama perusahaan yang dilamar
- Pembuka surat
- Kata pembuka
- Biodata diri pelamar
- Informasi nilai plus yang dimiliki pelamar
- Harapan pelamar untuk diterima kerja
- Kata penutup
- Nama dan tandatangan

Pergunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam menulis Surat Lamaran Kerja haruslah menggunakan bahasa yang baik dan benar, maksudnya gunakan bahasa yang sopan bukan menggunakan bahasa gaul. Karena surat ini bersifat formal dan ditujukan kepada institusi formal.

Tulislah dengan Rapih

Ketika kita sekolah SMA dulu dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita diajarkan menulis Surat Lamaran Kerja secara manual, maka saat ini dengan kemajuan teknologi maka kebanyakan orang menulis dengan menggunakan komputer dan di print out sehingga terlihat lebih rapih. Namun sebelum Anda melamar pekerjaan, perlu Anda mengetahui Surat Lamaran apa yang diminta oleh pihak Perusahaan, apakah manual atau komputer. Karena saat ini masih ada perusahaan yang mensyaratkan penulisan Surat Lamaran Kerja secara manual, hal itu diperuntukkan untuk menilai kepribadian seseorang melalui tulisan manual yang dibuatnya.

Jangan lupa menyiapkan lampiran 

persyaratan yang dibutuhkan
Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing mengenai persyaratan yang harus dilengkapi oleh pencari kerja.

Persyaratan merupakan salah satu aspek penilaian yang bersifat penting. Oleh sebab itu Anda wajib mempersiapkannya sebaik mungkin, jika perlu Anda lampirkan sertifikat pendukung yang dapat menjadi nilai tambah bagi Anda.

Di dalam Surat Lamaran Kerja terdapat tiga bagian, yaitu:
Bagian pembuka
Bagian isi
Bagian Penutup

Bagian Pembuka

Pada bagian ini Anda dapat menuliskan sumber informasi yang Anda dapatkan mengenai pekerjaan yang Anda lamar dan juga berisi tentang posisi yang akan Anda lamar.

Bagian Isi

Pada bagian ini Anda menuliskan tentang biodata diri Anda serta informasi bahwa Anda telah memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan. Biodata tersebut berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia dan lain-lain.

Bagian Penutup

Dalam bagian ini berisikan tentang harapan si pelamar agar dapat diberikan kesempatan untuk diterima dan diberikan kesempatan mengikuti proses seleksi selanjutnya yaitu wawancara. Dan juga di bagian ini berisi tentang ucapan terimakasih.


CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Depok, 25 Januari 2016
Kepada Yth. HRD
PT. Naafi Nusantara
Jl. Pengasinan Raya No.89
Sawangan – Depok

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang saya terima tentang adanya lowongan kerja pada PT. Naafi Nusantara dari Koran Detikcom. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Staff Administrasi dengan kode (SA).

Berikut ini adalah biodata singkat saya:
Nama : Kuntoro Sujiwo
Tempat/tgl lahir : Blitar, 30 Mei 1989
Pendidikan terakhir : S1 – Manajemen
Alamat : Jl. Segar Cemerlang, Jakarta Selatan
Nomor Hp : 08129878xxxx
Status : Lajang

Dan saat ini saya merupakan fresh graduate yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan baik, ilmu komputer serta mampu bekerjasama dalam team.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto kopi Ijazah S1
3. Foto kopi transkrip nilai
4. Foto kopi sertifikat
5. Pas Foto terbaru

Tentunya saya sangat berharap untuk dapat diberikan kesempatan wawancara di perusahaan Bapak/Ibu untuk dapat menjelaskan secara rinci tentang potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,


Kuntoro Sujiwo

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Benar

Tampilkan Komentar